SDK Sang Timur Pasuruan adalah salah satu sekolah favorit, sekolah adiwiyata, sekolah dengan pembelajaran berbasis IT, sekolah inklusi, sekolah berpusat pada penguatan pendidikan karakter (PPK) & literasi, penyelenggara proses pendidikan dan pembelajaran formal, sistematis dan berkesinambungan yang bertempat di JL.Hayam Wuruk No 20 Kota Pasuruan.
Dalam hal ini seluruh stake holder sekolah: para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah harus mampu menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik berperilaku terpelajar sehingga menghasilkan SDM yang berkualitas dan berkarakter sesuai dengan visi-misi-motto sekolah. Menjadi target utama dalam menghasilkan perilaku terpelajar yang mampu ditampilkan dalam bentuk pencapaian prestasi akademik, menunjukkan perilaku yang beretika dan berakhlak mulia, memiliki motivasi belajar yang tinggi, kreatif, disiplin, bertanggung jawab, serta menunjukkan karakter diri sebagai warga masyarakat, warga Negara dan bangsa.
Suasana SDK Sang Timur yang kondusif membuat anak didik merasa nyaman dan dapat mengekspresikan potensinya.
Hal tersebut bisa berjalan dengan sendirinya karena adanya sistem manajemen pendidikan progressif yang menitik beratkan pada pembngunan mental SDM warga sekolah, terutama melalui:
1. Perencanaan program sekolah yang sesuai dengan tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan anak didik. Anak tidak harus dipaksakan melakukan sesuatu, tetapi dengan program tersebut anak secara otomatis terdorong untuk mengeksplorasi dirinya.
2. Partisipasi aktif anak terhadap berbagai kegiatan.
Kegiatan yang menyangkut hak pemenuhan peserta didik diprogramkan sesuai dengan kebutuhan anak.
3.Lingkungan sekolah yang mendukung.
Suasana ini dapat tercipta di sekolah, lingkungan SDK Sang Timur Pasuruan sangat kondusif untuk menumbuh-kembangkan potensi anak. Mereka dapat mengekspresikan dirinya secara leluasa sesuai dengan dunianya.
Di samping itu, penciptaan lingkungan yang bersih, akses air minum yang sehat, bebas dari sarang kuman, dan gizi yang memadai merupakan faktor yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.
Ditunjang sarana-prasarana yang memadai, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan pembelajaran anak didik. Sarana-prasarana yang up-date sesuai dengan kebutuhan anak dan implementasi K13. Adanya zona aman dan selamat ke sekolah melalui kerjasama aktif dengan pihak kepolisian, lain itu pendidikan inklusif juga merupakan faktor yang diperhatikan di sekolah dengan terdapatnya SDM inklusif.
Penataan lingkungan SDK Sang Timur dan kelas yang menarik dengan terdapatnya sarana literasi visual ramah anak yang memikat,mengesankan, dan pola pengasuhan dan pendekatan individual sehingga SDK Sang Timur Pasuruan menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan.
Sekolah juga menjamin hak partisipasi anak. Adanya forum anak, ketersediaan pusat-pusat informasi layak anak, ketersediaan fasilitas kreatif dan rekreatif pada anak, ketersediaan kotak saran kelas dan sekolah, ketersediaan papan pengumuman, ketersediaan majalah atau koran anak, sudut baca dan sarana literasi lainnya. SDK Sang Timur memberikan fasilitas optimal kepada peserta didik untuk melakukan sesuatu yang meliputi hak untuk mengungkapkan pandangan dan perasaannya terhadap situasi yang memiliki dampak pada dirinya.
SDK Sang Timur sebagai SRA merupakan institusi yang mengenal dan menghargai hak anak untuk memperoleh pendidikan, kesehatan, kesempatan bermain dan bersenang, melindungi dari kekerasan dan pelecehan, dapat mengungkapkan pandangan secara bebas, dan berperan serta dalam mengambil keputusan sesuai dengan kapasitas mereka. Seluruh kegiatan pembiasaan juga bertujuan menanamkan tanggung jawab untuk menghormati hak-hak orang lain, menghargai dan menghormati kemajemukan dan menyelesaikan masalah perbedaan tanpa melakukan kekerasan.
Dengan ditetapkannya Undang-Undang Republik Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, diharapkan kondisi dan perlindungan anak menjadi lebih baik karena undang-undang tersebut memuat perlindungan terbaik bagi anak, yaitu hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang, partisipasi serta perlindungan anak dari kekerasan, hal itulah yang menjadi dasar implementasi di sekolah dalam upaya melindungi anak dari kekerasan.
Program Sekolah Ramah Anak secara khusus berupaya mencegah kekerasan pada anak di sekolah. Aksesibilitas di sekolah lebih mudah dibandingkan di rumah, untuk itu SDK Sang Timur pasuruan mempunyai peran strategis dalam mencegah kekerasan terhadap anak dengan mengetahui tentang pencegahan kekerasan, termasuk cara alternatif dalam mendidik dan mendisiplinkan anak.
Salam Progresif
Salam Ramah Anak
Dalam hal ini seluruh stake holder sekolah: para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah harus mampu menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik berperilaku terpelajar sehingga menghasilkan SDM yang berkualitas dan berkarakter sesuai dengan visi-misi-motto sekolah. Menjadi target utama dalam menghasilkan perilaku terpelajar yang mampu ditampilkan dalam bentuk pencapaian prestasi akademik, menunjukkan perilaku yang beretika dan berakhlak mulia, memiliki motivasi belajar yang tinggi, kreatif, disiplin, bertanggung jawab, serta menunjukkan karakter diri sebagai warga masyarakat, warga Negara dan bangsa.
Suasana SDK Sang Timur yang kondusif membuat anak didik merasa nyaman dan dapat mengekspresikan potensinya.
Hal tersebut bisa berjalan dengan sendirinya karena adanya sistem manajemen pendidikan progressif yang menitik beratkan pada pembngunan mental SDM warga sekolah, terutama melalui:
1. Perencanaan program sekolah yang sesuai dengan tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan anak didik. Anak tidak harus dipaksakan melakukan sesuatu, tetapi dengan program tersebut anak secara otomatis terdorong untuk mengeksplorasi dirinya.
2. Partisipasi aktif anak terhadap berbagai kegiatan.
Kegiatan yang menyangkut hak pemenuhan peserta didik diprogramkan sesuai dengan kebutuhan anak.
3.Lingkungan sekolah yang mendukung.
Suasana ini dapat tercipta di sekolah, lingkungan SDK Sang Timur Pasuruan sangat kondusif untuk menumbuh-kembangkan potensi anak. Mereka dapat mengekspresikan dirinya secara leluasa sesuai dengan dunianya.
Di samping itu, penciptaan lingkungan yang bersih, akses air minum yang sehat, bebas dari sarang kuman, dan gizi yang memadai merupakan faktor yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.
Ditunjang sarana-prasarana yang memadai, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan pembelajaran anak didik. Sarana-prasarana yang up-date sesuai dengan kebutuhan anak dan implementasi K13. Adanya zona aman dan selamat ke sekolah melalui kerjasama aktif dengan pihak kepolisian, lain itu pendidikan inklusif juga merupakan faktor yang diperhatikan di sekolah dengan terdapatnya SDM inklusif.
Penataan lingkungan SDK Sang Timur dan kelas yang menarik dengan terdapatnya sarana literasi visual ramah anak yang memikat,mengesankan, dan pola pengasuhan dan pendekatan individual sehingga SDK Sang Timur Pasuruan menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan.
Sekolah juga menjamin hak partisipasi anak. Adanya forum anak, ketersediaan pusat-pusat informasi layak anak, ketersediaan fasilitas kreatif dan rekreatif pada anak, ketersediaan kotak saran kelas dan sekolah, ketersediaan papan pengumuman, ketersediaan majalah atau koran anak, sudut baca dan sarana literasi lainnya. SDK Sang Timur memberikan fasilitas optimal kepada peserta didik untuk melakukan sesuatu yang meliputi hak untuk mengungkapkan pandangan dan perasaannya terhadap situasi yang memiliki dampak pada dirinya.
SDK Sang Timur sebagai SRA merupakan institusi yang mengenal dan menghargai hak anak untuk memperoleh pendidikan, kesehatan, kesempatan bermain dan bersenang, melindungi dari kekerasan dan pelecehan, dapat mengungkapkan pandangan secara bebas, dan berperan serta dalam mengambil keputusan sesuai dengan kapasitas mereka. Seluruh kegiatan pembiasaan juga bertujuan menanamkan tanggung jawab untuk menghormati hak-hak orang lain, menghargai dan menghormati kemajemukan dan menyelesaikan masalah perbedaan tanpa melakukan kekerasan.
Dengan ditetapkannya Undang-Undang Republik Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, diharapkan kondisi dan perlindungan anak menjadi lebih baik karena undang-undang tersebut memuat perlindungan terbaik bagi anak, yaitu hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang, partisipasi serta perlindungan anak dari kekerasan, hal itulah yang menjadi dasar implementasi di sekolah dalam upaya melindungi anak dari kekerasan.
Program Sekolah Ramah Anak secara khusus berupaya mencegah kekerasan pada anak di sekolah. Aksesibilitas di sekolah lebih mudah dibandingkan di rumah, untuk itu SDK Sang Timur pasuruan mempunyai peran strategis dalam mencegah kekerasan terhadap anak dengan mengetahui tentang pencegahan kekerasan, termasuk cara alternatif dalam mendidik dan mendisiplinkan anak.
Salam Progresif
Salam Ramah Anak
Komentar
Posting Komentar