Langsung ke konten utama

SDK Sang Timur Pasuruan Sekolah Ramah Anak

SDK Sang Timur Pasuruan adalah salah satu sekolah favorit, sekolah adiwiyata, sekolah dengan pembelajaran berbasis IT, sekolah inklusi, sekolah berpusat pada penguatan pendidikan karakter (PPK) & literasi, penyelenggara proses pendidikan dan pembelajaran formal, sistematis dan berkesinambungan yang bertempat di JL.Hayam Wuruk No 20 Kota Pasuruan.
Dalam hal ini seluruh stake holder sekolah: para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah harus mampu menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik berperilaku terpelajar sehingga menghasilkan SDM yang berkualitas dan berkarakter sesuai dengan visi-misi-motto sekolah. Menjadi target utama dalam menghasilkan perilaku terpelajar yang mampu ditampilkan dalam bentuk pencapaian prestasi akademik, menunjukkan perilaku yang  beretika dan berakhlak mulia, memiliki motivasi belajar yang tinggi, kreatif, disiplin, bertanggung jawab, serta menunjukkan karakter diri sebagai warga masyarakat, warga Negara dan bangsa.
Suasana SDK Sang Timur yang kondusif membuat anak didik merasa nyaman dan dapat mengekspresikan potensinya.
Hal tersebut bisa berjalan dengan sendirinya karena adanya sistem manajemen pendidikan progressif yang menitik beratkan pada pembngunan mental SDM warga sekolah, terutama melalui:
1. Perencanaan program sekolah yang sesuai dengan tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan anak didik. Anak tidak harus dipaksakan melakukan sesuatu, tetapi dengan program tersebut anak secara otomatis terdorong untuk mengeksplorasi dirinya.
2. Partisipasi aktif anak terhadap berbagai kegiatan.
Kegiatan yang menyangkut hak pemenuhan peserta didik diprogramkan sesuai dengan kebutuhan anak.
3.Lingkungan sekolah yang mendukung.
Suasana ini dapat tercipta di sekolah, lingkungan SDK Sang Timur Pasuruan sangat kondusif untuk menumbuh-kembangkan potensi anak. Mereka dapat mengekspresikan dirinya secara leluasa sesuai dengan dunianya.
Di samping itu, penciptaan lingkungan yang bersih, akses air minum yang sehat, bebas dari sarang kuman, dan gizi yang memadai merupakan faktor yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.
Ditunjang sarana-prasarana yang memadai, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan pembelajaran anak didik. Sarana-prasarana yang up-date sesuai dengan kebutuhan anak dan implementasi K13. Adanya zona aman dan selamat ke sekolah melalui kerjasama aktif dengan pihak kepolisian, lain itu pendidikan inklusif juga merupakan faktor yang diperhatikan di sekolah dengan terdapatnya SDM inklusif.
Penataan lingkungan SDK Sang Timur dan kelas yang menarik dengan terdapatnya sarana literasi visual ramah anak yang memikat,mengesankan, dan pola pengasuhan dan pendekatan individual sehingga SDK Sang Timur Pasuruan menjadi tempat yang nyaman dan  menyenangkan.

Sekolah juga menjamin hak partisipasi anak.  Adanya forum anak, ketersediaan pusat-pusat informasi layak anak, ketersediaan fasilitas kreatif dan rekreatif pada anak, ketersediaan kotak saran kelas dan sekolah, ketersediaan papan pengumuman, ketersediaan majalah atau koran anak, sudut baca dan sarana literasi lainnya. SDK Sang Timur memberikan fasilitas optimal kepada peserta didik untuk melakukan sesuatu yang meliputi hak untuk mengungkapkan pandangan dan perasaannya terhadap situasi yang memiliki dampak pada dirinya.
SDK Sang Timur sebagai SRA merupakan institusi yang mengenal dan menghargai hak anak untuk memperoleh pendidikan, kesehatan, kesempatan bermain dan bersenang, melindungi dari kekerasan dan pelecehan, dapat mengungkapkan pandangan secara bebas, dan berperan serta dalam mengambil keputusan sesuai dengan kapasitas mereka. Seluruh kegiatan pembiasaan juga bertujuan menanamkan tanggung jawab untuk menghormati hak-hak orang lain, menghargai dan menghormati kemajemukan dan menyelesaikan masalah perbedaan tanpa melakukan kekerasan.
Dengan ditetapkannya Undang-Undang Republik Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, diharapkan kondisi dan perlindungan anak menjadi lebih baik karena undang-undang tersebut memuat perlindungan terbaik bagi anak, yaitu hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang, partisipasi serta perlindungan anak dari kekerasan, hal itulah yang menjadi dasar implementasi di sekolah dalam upaya melindungi anak dari kekerasan.
Program Sekolah Ramah Anak secara khusus berupaya mencegah kekerasan pada anak di sekolah. Aksesibilitas di sekolah lebih mudah dibandingkan di rumah, untuk itu SDK Sang Timur pasuruan mempunyai peran strategis dalam mencegah kekerasan terhadap anak dengan mengetahui tentang pencegahan kekerasan, termasuk cara alternatif dalam mendidik dan mendisiplinkan anak.

Salam Progresif
Salam Ramah Anak




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karakteristik Critical Thinking

  Karakteristik lain yang berhubungan dengan berpikir kritis, dijelaskan Beyer (Arief Ahmad, 2007) secara lengkap dalam buku Critical Thinking , yaitu: . a.        Watak ( dispositions ) Seseorang yang mempunyai keterampilan berpikir kritis mempunyai sikap skeptis, sangat terbuka, menghargai sebuah kejujuran, respek terhadap berbagai data dan pendapat, respek terhadap kejelasan dan ketelitian, mencari pandangan-pandangan lain yang berbeda, dan akan berubah sikap ketika terdapat sebuah pendapat yang dianggapnya baik. b.       Kriteria ( criteria ) Dalam berpikir kritis harus mempunyai sebuah kriteria atau patokan. Untuk sampai ke arah sana maka harus menemukan sesuatu untuk diputuskan atau dipercayai. Meskipun sebuah argumen dapat disusun dari beberapa sumber pelajaran, namun akan mempunyai kriteria yang berbeda. Apabila kita akan menerapkan standarisasi maka haruslah berdasarkan kepada relevansi, keakuratan fakta-fakta, ...

Perencanaan & Pengorganisasian Koperasi CUSanqti

Perencanaan dalam Koperasi CUsanqti Jawa Timur memiliki ruang lingkup sistematis sbb: 1. Organisasi koperasi sama dengan organisasi yang lain, perlu dikelola dengan baik agar dapat mencapai tujuan akhir seefektif mungkin. 2. Fungsi perencanaan merupakan fungsi manajemen yang sangat penting karena merupakan dasar bagi fungsi manajemen yang lain. Agar tujuan akhir koperasi dapat dicapai maka koperasi harus membuat rencana yang baik, dengan melalui beberapa langkah dasar pembuatan rencana yaitu menentukan tujuan organisasi mengajukan beberapa alternatif cara mencapai tujuan tersebut dan kemudian alternatif-alternatif tersebut harus dikaji satu per satu baik buruknya sebelum diputuskan alternatif mana yang dipilih 3. Tipe rencana yang dapat diambil dalam koperasi dapat bermacam-macam tergantung pada jangka waktu dan jenjang atau tingkatan manajemen. Pengorganisasian dan Struktur Organisasi Pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan da...

Sajak Guru Sejati

Dan tak ada lagi kata yang mampu kuucapkan‘tuk mewakili asa dan rasa yang tersimpan untukmu wahai guru Sejatiku hanya sepi tersisa dalam relung jiwa dalam hembusan nafas pada setiap detik penantianku Hanya kumohonkan ampun sembari sujud menyembahMu melalui guru Sejatiku Dentang lonceng itu memanggilku untuk sejenak menenangkan batinku yang terus meragu Lelah hati bersama mimpi menanti kehadiranmu disudut lentera Suara nyanyian itu sekejap membuatku terhanyut sadarkanku Tersebut namaMu Tuhan menghias sanubari Teriring lantunan sajak-sajak pengakuan berbalut doa-doa Seberat bebanpun aq tak peduli CahayaMu membuatku mampu berjalan, membuat kelopak matahati mampu menatapMU wahai guru sejatiKU Ta'kan pernah sirna hingga kornea mataku buta. Saat ini, esok dan selamanya.