Kegiatan pembelajaran partisipatif terdiri
atas kegiatan belajar dan membelajarkan secara partisipatif.
Partisipatif merupakan kata sifat dari kata partisipasi atau
keterlibatan dalam suatu program atau kegiatan tertentu dalam berbagai
tahapan tindakan, yakni: keterlibatan dalam tahap perencanaan,
pelaksanaan, monitoring dan evaluasi program/kegiatan..
Kegiatan
belajar partisipatif adalah keikutsertaan peserta didik (siswa) dalam
kegiatan belajar sejak dari kegiatan merencanakan, melaksanakan dan
menilai kegiatan belajar membelajarkan. Sedangkan kegiatan membelajarkan
partisipatif adalah upaya pendidik (sumber belajar) untuk memotivasi
dan melibatkan siswa dalam kegiatan merencanakan, melaksanakan dan
menilai kegiatan belajar yang dilakukan bersama di dalam kelompok oleh
siswa, dengan bantuan dari sumber belajar.
Pendapat
yang senada juga mengemukakan bahwa strategi pembelajaran partisipatif
adalah suatu proses pemberdayaan peserta dididk melalui berbagai
kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan identifikasi masalah,
perencanaan, hingga pada pelaksanaan, monitoring dan evaluasi kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan serta tindak lanjut dari hasil
pembelajaran..
Berdasarkan
pada kedua pandangan di atas, dapat dikatakam bahwa strategi
pembelajaran partisipatif pada umumnya menuntut peserta didik untuk ikut
serta secara aktif dalam kegiatan belajar membelajarkan dengan berpikir
dan berbuat secara kreatif, bebas, terbuka dan bertanggung jawab untuk
mempelajari hal-hal yang bermakna dalam memenuhi kebutuhan belajar dan
kepentingan bersama.
Berdasarkan
deskripsi uraian beberapa pandangan di atas, dapat dikemukakan beberapa
aspek yang menjadi fokus perhatian dalam menggunakan strategi
pembelajaran partisipatif, yaitu:
1.Faktor
utama dalam strategi pembelajaran partisipatif adalah: faktor manusia,
faktor tujuan, faktor bahan ajar, fasilitas waktu dan fasilitas sarana
belajar.
2.Tahapan
kegiatan pembelajaran terdiri atas: tahap pembinaan keakraban, tahap
identifikasi kebutuhan, sumber dan kemungkinan hambatan, tahap perumusan
tujuan belajar, tahap penyusunan program kegiatan belajar, tahap
pelaksanaan kegiatan belajar, dan tahap evaluasi hasil yang dapat
dicapai dalam proses pembelajaran.
3.Peserta atau anggota, aturan kegiatan, upaya belajar, kegiatan membelajarkan, tujuan belajar.
4.Faktor
manusia yang merupakan perhatian utama dalam penggunaan strategi
pembelajaran partisipatif adalah peserta didik, sumber belajar, tenaga
lain yang terkait. ..
Kegiatan
pembelajaran partisipatif ditempuh melalui 6 langkah kegiatan, yaitu:
(1) Tahap Pembinaan Keakraban, (2) Tahap Identifikasi Kebutuhan, Sumber
dan Kemungkinan Hambatan, (3) Tahap Perumusan Tujuan Belajar, (4) Tahap
Penyusunan Program kegiatan Belajar, (5) Tahap Pelaksanaan Kegiatan
Pembelajaran, (6) Tahap Penilaian Proses, Hasil dan Pengaruh Kegiatan
Pembelajaran. Dalam pelaksanaan langkah-langkah
pembelajaran tersebut, maka pihak yang memegang peranan utama, adalah
guru sebagai pihak pengelola pembelajaran atau pihak yang membelajarkan
dan pihak siswa sebagai peserta belajar. Kedua pihak ini
masing-masing memiliki peran yang berbeda namun memiliki hubungan atau
keterkaitan yang erat dalam proses pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar